Nomor Pengaduan : (0435) 8526696/0823 9310 0630

News & Blog

Beri Pemahaman Keimigrasian Kepada Mahasiswa dan Civitas Akademika, Kantor Imigrasi Gorontalo Selenggarakan “Immigration Goes To Campus” di Universitas Negeri Gorontalo

News & Blog

Kamis (22/09) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menyelenggarakan Seminar Keimigrasian yang merupakan rangkaian kegiatan dari Festival Keimigrasian “Immigration Goes To Campus” di Ruang Sidang Lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Negeri Gorontalo, yang juga dapat diikuti melalui livestreaming.

Seminar Keimigrasian ini menghadirkan Kepala Divisi Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Andry Indrady dan Subkoordinator Wilayah IV Substansi Penataan dan Penguatan Kelembagaan PT Akademik, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Putri Nailatul Himma, sebagai narasumber, serta Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Karmila Machmud sebagai keynote speaker.

Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Joni Rumagit, dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo sekaligus membuka acara.

Kegiatan seminar dengan peserta yang merupakan mahasiswa dan akademisi dari Universitas Negeri Gorontalo ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Keynote Speaker oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Negeri Gorontalo, yang mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan seminar dan festival keimigrasian di Univeristas Negeri Gorontalo.

Beliau menyampaikan bahwa saat ini Imigrasi semakin “approachable” dengan pelayanan-pelayanan yang semakin memudahkan. Beliau berharap dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antar Kantor Imigrasi Gorontalo dan Universitas Negeri Gorontalo. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan bertukar pelakat antar kedua instansi.

Setelah itu kegiatan diisi dengan sharing season menghadirkan Lismawati Lapasi, alumni Universitas Negeri Gorontalo yang berbagi pengalamannya ketika melanjutkan studi di Amerika Serikat.

Memasuki sesi diskusi, yang dipandu langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Gorontalo, Joni Rumagit, kegiatan diawali dengan penyampaian narasumber pertama oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Andry Indrady, menjelaskan bahwa Imigrasi tidak hanya seputar Paspor dan Visa. Beliau menjelaskan mulai dari filosofi, fungsi keimigrasian, hubungan Imigrasi dengan kebijakan pembatasan saat pandemi Covid-19, serta kiat-kiat untuk menjadi pelajar internasional serta hal-hal yang harus dihindari saat menjadi pelajar internasional.

Selanjutnya narasumber kedua, Subkoordinator Wilayah IV Substansi Penataan dan Penguatan Kelembagaan PT Akademik, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Putri Nailatul Himma, membahas Layanan Izin Belajar, Mahasiswa Asing, dan Izin Penugasan Dosen Asing.

Setelah penyampaian, acara diisi dengan diskusi antara peserta dan narasumber seminar, yang berlangsung sangat seru, terlihat antusias dari mahasiswa dan civitas akademika UNG berpartisipasi dalam sesi diskusi ini.

Selain penyelenggaraan seminar, Festival Keimigrasian juga dilaksanakan dengan menggelar layanan Eazy Passport dan Pelayanan Informasi Keimigrasian yang juga berlangsung meriah.

 

(Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Kanwil Kemenkumham Gorontalo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »