MAKLUMAT PELAYANAN

Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

SEJARAH BERDIRINYA KANTOR IMIGRASI KELAS I GORONTALO

Kantor Imigrasi Kelas II Gorontalo dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. M.05-PR.07.04 Tahun 2002 Tanggal 25 September 2002 Tentang Pembentukan 14 Kantor Imigrasi se Indonesia termasuk Kantor Imigrasi Gorontalo dengan status Kelas II dan mulai beroperasional pada tanggal 4 April 2003 serta telah diresmikan oleh Direktur Jenderal Imigrasi pada tanggal 31 Juli 2003 yang mencakup Wilayah kerja seluruh Daerah Provinsi Gorontalo yang terdiri dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Puhuwato dan Kabupaten Bone Bolango yang mana sebelumnya merupakan Wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Manado.

Pada tahun 2004 Kantor Imigrasi Kelas II Gorontalo mengalami peningkatan status menjadi Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No : M.05-PR.07.04 Tahun 2004 tanggal 19 September 2004 dan pada saat itu masih menempati Kantor sementara yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo di Jalan KH. AGUS SALIM No. 289.

Seiring dengan perkembangan dan situasi pelaksanaan dari Otonomi Daerah maka terjadi pemekaran atau penambahan Wilayah Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo sehingga saat ini Wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo menjadi  1 (satu) Kota, 5 (lima) Kabupaten yang meliputi :

  • icon-sejarah_resize
    Kota Gorontalo
  • icon-sejarah-2
    Kabupaten Gorontalo
  • icon-sejarah-3
    Kabupaten Boalemo
  • icon-sejarah-4
    Kabupaten Pohuwato
  • icon-sejarah-5
    Kabupaten Bone Bolango
  • icon-sejarah-6
    Kabupaten Gorontalo Utara

Pada tahun 2006 hingga sekarang Kantor Imigrasi Kelas I Goronalo telah menempati Gedung Kantor sendiri yang dibangun secara bertahap mulai tahun 2004 dibangun diatas tanah yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo dengan status hak pakai yang telah di hibahkan pada tanggal 23 April 2012 dan setelah melalui proses balik nama sertifikat maka pada tanggal 21 September 2012 resmi menjadi nama Kementerian Hukum dan HAM RI Cq. Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo dengan luas tanah 3.275 M sesuai sertifikat hak pakai No. 43 tahun 2012 yang lokasinya di jalan Brigjen Piola Isa kelurahan Dulomo Selatan Kota Gorontalo No. 214

Sedangkan untuk pembangunan Rumah Dinas baru dapat terealisasi pada tahun 2010 yang dibangun diatas tanah  dari hasil pengadaan tanah tahun 2007 yang berasal hasil revisi anggaran penghematan dari sisa hasil tender pembangunan Gedung Kantor lantai 2 bagian belakang dengan luas 2.416 Msesuai sertifikat hak pakai No. 06 tahun 2008 yang lokasinya di Jalan A.M.D Kelurahan Wongkaditi Barat Kecamatan Kota utara Kota Gorontalo yang sekarang sudah dibangun 4 unit Rumah Dinas dengan rincian tipe C-70 1 unit, tipe D-50 sebanyak 3 unit dan pada tahun 2016 dibangun 1 unit rumah dinas dengan tipe D-50.

Pada tahun 2018 berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 19 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Imigrasi, Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo berubah menjadi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo dikarenakan adanya TPI Laut di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo.