MAKLUMAT PELAYANAN

Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tugas Dan Fungsi Kantor Imigrasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 19 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Imigrasi mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :

Kantor Imigrasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM di Bidang Keimigrasian wilayah yang bersangkutan untuk menyelenggarakan tugas tersebut Kantor Imigrasi mempunyai fungsi :

  • Melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Lalu Lintas Keimigrasian
  • Melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian
  • Melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Izin Tinggal dan Status Keimigrasian
  • Melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian
  • Melaksanakan tugas Keimigrasian dibidang Tata Usaha

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI tersebut Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo dipimpin oleh seorang Kepala yang berada dibawah dan tanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Di dalam tugas sehari-harinya Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) dibantu oleh stafnya yang terdiri dari :

Memiliki tugas melakukan penyusunan rencana program dan anggaran, pengelolaan keuangan, barang milik negara, sumber daya manusia, adminstrasi umum, pengawasan dan pengendalian internal serta evaluasi dan pelaporan di bidang administrasi kepegawaian, keuangan, persuratan, barang milik negara dan rumah tangga. Serta terdiri atas :

Urusan Kepegawaian

Urusan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyiapan pengelolaan sumber daya manusia, tata usaha, pelaksanaan dan pengendalian internal.

Urusan Umum

Urusan Umum mempunyai tugas melakukan penyiapan pengelolaan barang milik negara dan rumah tangga.

Urusan Keuangan

Urusan Keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan pengelolaan urusan keuangan, penyusunan rencana program, anggaran, evaluasi dan pelaporan.

Mempunyai tugas melakukan pelayanan dokumen perjalanan dan perlintasan Keimigrasian serta menyelenggarakan fungsi:

  • Penyusunan rencana, evaluasi, dan pelaporan dibidang Lalu Lintas Keimigrasian
  • Pelayanan Paspor
  • Pelayanan Surat Perjalanan Layanan Paspor bagi warga negara asing
  • Pelayanan Pas Lintas Batas
  • Pemeriksaan Dokumen Keimigrasian
  • Pemberian tanda masuk dan tanda keluar
  • Penolakan pemberian tanda masuk dan tanda keluar

Dalam melaksanakan tugas Seksi Lalu Lintas Keimigrasian dibantu oleh :

Sub Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan

Subseksi Pelayanan Dokumen Perjalanan mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan paspor, surat perjalanan laksana paspor bagi orang asing, dan pas lintas batas.

Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian

Subseksi Pemeriksaan Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemeriksaan dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian, pemberian tanda masuk dan tanda keluar, penolakan pemberian tanda masuk dan tanda keluar terhadap setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Mempunyai tugas melakukan penyiapan pelaksanaan, pengawasan, intelijen dan penindakan Keimigrasian. Serta menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan Rencana, Evaluasi dan Pelaporan di bidang Intelijen, Pengawasan, dan Penindakan Keimigrasian
  • Pelaksanaan kerja sama intelijen dan pengawasan Keimigrasian
  • Pelaksanaan dan Pengoordinasian penyelidikan intelijen Keimigrasian
  • Penyajian informasi produk intelijen
  • Pengamanan personal, dokumen Keimigrasian, Perizinan, Kantor dan Instalasi Vital Keimigrasian
  • Penyidikan tindak pidana Keimigrasian
  • Pelaksanaan tindakan administratif Keimigrasian
  • Pelaksanaan pemulangan orang asing

Dalam melaksanakan tugas Seksi Intelijen dan Pendinakan Keimigrasian dibantu oleh :

Sub Seksi Intelijen Keimigrasian

Subseksi Intelijen Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pengawasan keimigrasian, kerja sama intelijen keimigrasian, penyelidikan intelijen keimigrasian, penyajian informasi produk intelijen, pengamanan personil, dokumen keimigrasian, perizinan, kantor, dan instalasi vital keimigrasian

Sub Seksi PenindakanKeimigrasian

Subseksi Penindakan Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang penyidikan tindak pidana keimigrasian, tindakan administratif keimigrasian, dan pemulangan orang asing.

Mempunyai tugas melakukan pelayanan izin tinggal dan status Keimigrasian serta menjalankan fungsi :

  • Penyusunan rencana, evaluasi dan pelaporan di bidang izin tinggal dan status keimigrasian
  • Pelayanan izin tinggal
  • Pemeriksaan, penelaahan dan penyelesaian alih status Keimigrasian
  • Pelayanan izin masuk kembali
  • Penelaahan status Keimigrasian dan kewarganegaraan dalam rangka penerbitan surat keterangan Keimigrasian
  • Pelayanan surat keterangan Keimigrasian
  • Pelayanan bukti pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda

Dalam melaksanakan tugas Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian dibantu oleh :

Sub Seksi Izin Tinggal Keimigrasian

Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan izin tinggal dan izin masuk kembali.

Sub Seksi Status Keimigrasian

Subseksi Status Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemeriksaan, penelaahan, dan penyelesaian alih status keimigrasian, penelaahan status keimigrasian dan kewarganegaraan untuk penerbitan surat keterangan keimigrasian, pelayanan surat keterangan keimigrasian, dan bukti pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda

Mempunyai tugas melakukan pemanfaatan, pemeliharaan dan pengamanan sistem teknologi informasi dan komunikasi Keimigrasian, serta menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pemanfaatan , pemeliharaan dan pengamanan sistem teknologi dan infrormasi keimigrasian
  • Pengumpulan, pengolahan dan penyajian data keimigrasian
  • Pemeliharaan dan pengamanan sistem teknologi dan informasi keimigrasian
  • Penyiapan dan pengelolaan informasi dan komunikasi publik keimigrasian
  • Pelaksanaan hubungan masyarakat kerjasama antar instansi

Dalam melaksanakan tugas Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian dibantu oleh :

Sub Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian

Subseksi Teknologi Informasi Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemanfaatan, pemeliharaan, dan pengamanan sistem dan teknologi informasi keimigrasian

Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian

Subseksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data keimigrasian, pengelolaan informasi dan komunikasi keimigrasian, pelaksanaan hubungan masyarakat, dan kerjasama antar instansi.